Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

10.2.13

Tagged Under:

REMAJA MEMBANGUN BISNIS : MODAL AWAL

By: DB News On: Minggu, Februari 10, 2013
  • Share The Gag


  • Tinnajer - Bisnis pada dasarnya adalah kegiatan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai guna dan nilai tukar, nilai guna disinilah adalah manfaat, sehingga bisnis diusahakan memiliki manfaat baik bagi pebisnis maupun bagi konsumen sedangkan, nilai tukar adalah hasil yang didapatkan (berupa keuntungan = uang) yang berasal dari nilai guna tadi.

    apakah ada bisnis yang tidak bernilai guna namun, menghasilkan uang ? saya rasa setiap bisnis memiliki nilai guna atau manfaat namun, manfaat disini tidak selamanya di identikkan dengan manfaat positif, gembong dan pengedar narkoba adalah contoh pebisnis yang menghasilkan nilai guna (manfaat) berupa narkoba yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan yang paling parah adalah kematian.

    bagi sebagian besar remaja, tentunya bisnis adalah suatu ranah yang penuh warna dan tantangan sehingga tidak sedikit remaja indonesia yang lebih dominan menikmati masa mudanya ketimbang ber-kreatifitas di bisnis.

    Tinnajer sebagai media yang juga ikut menyuarakan tentang kewirausahaan untuk kaum muda saat ini memiliki program atau seri mingguan yang membahas tentang bisnis dan bagaimana kaum muda indonesia menggunakan kesempatan mudanya untuk berkreasi di dalam dunia bisnis (baik di bisnis fisik maupun digital), program ini diberi nama ''SERI KEWIRAUSAHAAN MUDA" dan akan hadir setiap akhir pekan, adapun pada seri pertama ini yang akan dibahas adalah modal utama seorang pebisnis muda dalam memulai bisnisnya.

    apakah modal itu ? tentunya jika ditanya mengenai modal maka pikiran kita akan mengarah pada uang namun, anda harus memberikan garis bawah untuk pengertian modal itu sendiri.

    uang adalah modal namun, tidak semua modal adalah uang, sebab modal bisa didefinisikan sebagai pembantu/pengungkit/leverage dari apa yang anda usahakan atau kerjakan.

    modal adalah leverage atau pengungkit, pengungkit adalah pembantu anda dalam melakukan sesuatu, misal untuk mengangkat batu ratusan ton anda tidak bisa melakukannya sendiri, butuh bantuan mesin, orang banyak dan mobil pengangkut , maka pembantu anda (orang, mesin, pengakut) adalah modal atau pembantu.

    begitupun bisnis, bisnis anda bisa berjalan tanpa modal uang, yang penting anda memiliki modal berupa keinginan dan kerja keras untuk berbisnis dan ini adalah modal paling utama seorang pebisnis.

    jadi, pada dasarnya kita bisa menerima bahwa uang adalah ''modal'' namun, tidak selamanya kita harus terpaku bahwa setiap ''modal'' adalah ''uang''.

    Modal paling utama dari seorang pebisnis adalah Kesediaannya untuk hadir dalam bisnis yang ia bangun setelah itu mencari sumber daya lainnya untuk membangun bisnisnya (bersambung ke seri selanjutnya)
    Description: bagaimana remaja indonesia membangun bisnis ? ini dia jawabannya

    0 komentar:

    Posting Komentar