Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

28.1.13

Tagged Under:

NYI RORO KIDUL - MENGUNGKAP MAKNA KEPERCAYAAN LAMA

By: DB News On: Senin, Januari 28, 2013
  • Share The Gag
  • Tinnajer - Indonesia memiliki khazanah budaya yang sangat luas dan beragam, hal ini terlihat jelas dari ragam suku, adat dan juga wilayah yang terbentang luas dari sabang sampai merauke, keragaman inilah yang menimbulkan berbagai corak keyakinan yang membentuk kesatuan negara Republik Indonesia dan salah satu dampak dari keragaman tersebut adalah banyaknya nilai-nilai dan kepercayaan yang mengakar di masyarakat, salah satunya tentang kepercayaan Penguasa Pantai Selatan Nyai Roro Kidul.



    Siapakah Nyai Roro Kidul ? berikut sajian khas Tinnajer.

    Nyai Roro Kidul atau yang biasa juga dikenal sebagai Penguasa Pantai Selatan, merupakan salah satu Nyai atau sosok perempuan cantik nan anggun menurut kepercayaan atau mitos masyarakat jawa.

    dalam babad tanah jawi, disebutkan bahwa keraton Yogyakarta memiliki hubungan dengan Kanjeng Ratu Kidul.

    Menurut beberapa sumber Tinnajer, disebutkan bahwa hubungan tersebut dilandasi oleh suatu keterikatan antara manusia dengan alam (Keraton Jogjakarta dengan kanjeng Ratu Kidul).

    Y. Argo Twikromo dalam bukunya berjudul Ratu Kidul meyebutkan bahwa masyarakat adalah komunitas tradisi yang mementingkan keharmonisan, keselarasan dan keseimbangan hidup, karena hidup ini tidak terlepas dari lingkungan alam sekitar, maka mereka memfungsikannya dan memaknai lingkungan sebagai sesuatu yang sangat penting.

    Inti pendapat Argo Twikromo adalah 2 hal terakhir tadi, bahwa alam mesti dimaknai bukan sebagai sesuatu yang mati tapi, memiliki fungsi, tugas sendiri dan hidup.

    sebagai sebuah komunikasi dengan alam maka maka masyarakat jawa sering menggunakan simbol dalam pengaktualisasiannya, seperti makhluk halus penguasa Gunung Merapi, penguasa Gunung Lawu, dan Penguasa Laut Selatan, penguasa Laut Selatan inilah yang biasa dikenal sebagai Kanjeng Ratu Kidul.

    dalam paparan Argo Twikromo tadi, agar tercipta sebuah makna atau hubungan harmonis antara manusia dengan alam maka tentunya para raja mesti mengadakan komunikasi dengan ''makhluk-makhluk halus'' tersebut.

    disambung oleh Twikromo, Raja-raja tadi mesti berkomunikasi dengan penguasa-penguasa astral tersebut (salah satunya Kanjeng Ratu Kidul) untuk mendapatkan restu ketika mau mengadakan suatu kegiatan tertentu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (Minta Izin dulu).

    salah satu bentuk aktualisasi selain komunikasi tadi juga lewat media lain seperti tari-tarian, contohnya tari Lambangsari dan Bedaya Semang yang diselenggarkan atas kepercayaan untuk menghormati dan memperingati sang ratu.

    salah satu bukti lainnya adalah dengan didirikannya sebuah bangunan komplek Taman Sari (Istana Bawah Air) sekitar 1 km sebelah barat keraton NgaYogyakarta Hadiningrat, yang dinamakan Sumur Gumuling. tempat ini diyakini sebagai tempat pertemuan antara sultan dengan Kanjeng Ratu Kidul.

    Mitos seputar Kanjeng Ratu Kidul ini tidak hanya berhenti pada penguasa Keraton Yogyakarta, hal sama juga diyakini oleh warga masyarakat, misalnya anggapan bahwa jika ada orang yang hilang di pantai Parangtritis maka orang tersebut hilang karena ''diambil'' oleh sang Ratu (juga salah satu yang cukup heboh adalah Julia Perez yang pada tahun 2012 lalu, melakukan Ritual di sana, katanya untuk mohon restu menggantikan Suzanna).

    kepercayaan akan Ratu Kidul ini juga bukan hanya menjadi mitos bagi masyarakat jogja tapi, juga di daerah jawa barat, di sana ada sebuah kamar khusus dengan nomor 308 di lantai atas samudera beach hotel, Pelabuhan Ratu, yang disajikan khusus untuk Ratu Kidul, katanya jika seseorang ingin bertemu dengan kanjeng Ratu Kidul bisa masuk ke ruangan itu ditemani seorang perantara khusus yang menyajikan persembahan buat sang ratu, pengkhususan kamar ini adalah salah satu simbol gaib yang dipakai oleh mantan presiden Sukarno.

    sampai sekarang mitos seputar Kanjeng Ratu Kidul ini memang menjadi misteri yang cukup heboh di indonesia, anda mungkin bisa percaya atau pun tidak namun, menurut beberapa sumber salah satu Pelukis terkenal indonesia Almarhum AFFANDI pernah bertemu dengan kanjeng Ratu Kidul dan menuangkan pengalamannya lewat sebuah lukisan.

    informasi terkait
    http://kanahayakoe.blogspot.com/2011/09/misteri-kanjeng-nyi-roro-kidul.html
    http://lintangkerti.blogspot.com/2012/05/siapa-sesungguhnya-nyi-roro-kidul.html

    0 komentar:

    Posting Komentar