Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8.3.13

Tagged Under:

SEHAT AQUA ON FACEBOOK DAN DOCUMENTER AQUA

By: Tinnajer Team On: Jumat, Maret 08, 2013
  • Share The Gag


  • sebagai wujud dari usia AQUA yang sudah berumur 40 tahun, Aqua mengembangkan Fanspage-nya di Facebook untuk berbagi dengan seluruh customernya

    Tinnajer - Aqua, salah satu merek yang terkenal di Indonesia kini genap berusia 4O Tahun, sebuah umur yang sangat tua untuk sebuah merek  perusahaan Air Minum dalam kemasan dan sebagai tanda dari usia tersebut, Aqua menggandeng facebook sebagai ajang untuk bertukar pikiran dengan seluruh customernya lewat fanspage mereka diSini , hal itu juga diikuti dengan pembuatan film dokumenter Aqua  yang berjudul AQUA 4O TAHUN DOCUMENTARY (Ini dia Trailernya)



    Yapp, jika anda melihat trailer Documenter Aqua tersebut, anda akan bertemu dengan sebuah bayangan lama dari perusahaan ini, perusahaan yang kini menjadi perusahaan terbaik dengan volume penjualan terbesar di dunia namun, seperti perusahaan besar lainnya tentu ada proses jatuh bangun yang mereka dapatkan dan hal tersebut juga dirasakan oleh Aqua

    Aqua adalah salah satu perusahaan inspiratif di indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan produksi air minum dalam kemasan yang ada saat ini bermula dari keberanian Aqua untuk keluar batas, Think Out The Box memberikan produk air di dalam kemasan

    mereka memproduksi air dalam kemasan yang dulu dianggap aneh, mengapa harus membeli air dalam kemasan dari aqua ? padahal air tersedia sangat banyak di dalam rumah setiap orang namun, Aqua tidak tinggal diam, mereka berani menawarkan air sendiri, air yang mereka jamin lebih sehat, lebih bersih dan tentunya lebih terjamin kualitasnya dan hal itulah yang kemudian membuat Aqua tumbuh besar seperti sekarang

    SEJARAH AQUA
    Aqua awalnya adalah perusahaan yang didirikan oleh Tirto Utomo dengan nama  PT. Aqua Golden Mississippi (AGM),Tirto Utomo sendiri sebelumnya bekerja di Pertamina tetapi, untuk fokus pada bisnisnya ia kemudian melepaskan pekerjaannya di Pertamina dan fokus bekerja di perusahaannya, perusahaan air minum  kemasan dalam botol

    pada waktu itu, sebagian besar orang sinis dengan ide Tirto Utomo, bayangkan saja harga air minum dalam kemasan botol yang dijual Tirto hampir sama dengan harga 1 liter bensin premium namun, Tirto yakin bahwa usahanya akan berkembangan dan akan diterima oleh seluruh masyarakat indonesia di masa depan.

    MARKET DAN PERKEMBANGAN
    penerimaan Aqua yang paling besar di dominasi oleh orang asing, inilah yang menjadi market utama Aqua pada waktu itu, orang asing yakin bahwa air minum dalam kemasan jauh lebih aman dan steril  ketimbang air tanah dan air PDAM, hal itu juga didasari dengan adanya pabrik Aqua di Bekasi yang menggunakan beragam mesin canggih, sehingga banyak orang yang percaya dengan air minum dalam kemasannya

    di tahun 1985 Aqua memperkenalkan air minum dalam kemasan kecil ukuran 200 ml, inilah awal perkembangan Aqua dimana masyarakat bisa menikmati air minum dalam kemasan yang bersih dan steril dengan harga yang terjangkau, disamping Aqua juga sudah menggunakan kemasana Polyethylene erphthalate (PET), kemasan yang lebih baik dan unggul ketimbangan kemasan PVC, inilah yang kemudian membuat Aqua terkenal dan menjadi supplier air minum botol dnegan penjualan yang melonjak hinggai mencapai 1,130 juta, angka yang membuatnya menguasai pasar di indonesia

    AKUISISI OLEH DANONE
    Setelah cukup lama bertahan dalam dunia supplier air minum dalam kemasan, Aqua menyadari bahwa persaingan dan munculnya pesaing-pesaing baru menjadi sebuah tantangan besar yang mesti dihadapi dengan baik oleh sebab itu, setelah Tirto Utomo meninggal dunia, sang istri Lisa Tirto kemudian menjual sahamnya kepada Group Danone pada 4 september 1998, Akuisisi ini berdampak besar pada Aqua, peningkatan kualitas produksi terus mengukuhkan Aqua sebagai pemain besar dalam produksi air minum dalam kemasan.

    PERKEMBANGAN SETELAH AKUISISI
    di kutip dari Wikipedia, ada beberapa perkembangan yang sangat signifikan pada perusahaan Aqua setelah terjadinya Akuisisi dari Group Danone antara lain,

    1. TAHUN 2002
    Aqua mendapatkan kemenangan telak dalam ajang bergengsi Indonesian Best Brand Award, kemenangan ini diberikan atas kepedulian Aqua dalam memberikan bantuan pada banjir besar yang melanda jakarta di awal tahun 2002

    2. TAHUN 2003
    Aqua semakin memperluas kegiatan produksinya dengan membuat sebuah pabrik baru di Klaten di awal tahun 2003 dan menerapkan sistem SAP (System Application and Products for Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System)

    3. TAHUN 2004
    Aqua meluncurkan produk baru yakni Aqua SPlash Fruit, air dalam kemasan dengan esens rasa buah strawberry dan orange-mango namun, di tahun itu pula Aqua melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) massal untuk seluruh pabrik, depo dan juga kantornya

    4. TAHUN 2005
    Danone ikut membantu korban Tsunami di Aceh dan Aqua memproduksi Mizone, salah satu minuman bernutrisi dari DANONE

    5. 2006-2008
    Danone berniat membuat pabrik di serang-Banten namun, sayang hal tersebut justru ditolak oleh seluruh warga, Bupati, DPRD dan LSM, Penolakan tersebut sebenarnya tidak akan terjadi jika pihak Danone mau membuatkan fasilitas umum yaitu Air Bersih bagi warga sekitar karena yang warga serang inginkan hanyalah air bersih bukan survey atau penghijauan

    6. TAHUN 2009
    Setelah ditolak mendirikan pabrik di Serang, Danone pun memutuskan untuk membangun pabriknya di Cianjur sekaligus meluncurkan Mizone rasa apple guava

    7. TAHUN 2010
    perubahan struktur Aqua Group dan delisting PT.AQUA GOLDEN MISSISSIPI di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang membuat status hukumnya menjadi perusahaan tertutup

    8. TAHUN 2011
    Aqua menyelenggarakan kampanye It's In Me, sosialisasi hidup sehat kepada konsumen


    [Diolah dari berbagai sumber]

    Sumber Gambar Wikipedia , Video Youtube 
    Description: Hasil penelusuran untuk SEJARAH AQUA dan perkembangan AQUA di indonesia

    0 komentar:

    Posting Komentar