19.2.13
Tagged Under: PENDIDIKAN
Tinnajer- Ujian nasional 2013, tinggal menghitung beberapa minggu lagi, setiap tahun kegiatan ini menjadi rutinitas wajib tiap siswa-siswi mulai dari SMP hingga SMA, semua dilakukan dengan satu tujuan yakni melihat prestasi siswa indonesia, yap Prestasi akademik siswa-siswi indonesia.
Berbicara mengenai Prestasi akademik sungguh tidak akan ada habisnya untuk dikupas, ada banyak hal yang bisa kita bahas mengenai hal ini, dimulai dengan kinerja guru, kemampua rata-rata siswa dan yang paling utama adalah sistem pembelajaran, semuanya berperan penting dalam satu konteks prestasi akadmeik, lantas pertanyaannya apakah dengan adanya Ujian nasional prestasi yang dicita-citakan bangsa indonesia dalam dunia pendidikan bisa terwujud ?
Pendidikan adalah bentuk proses belajar yang dilakukan seseorang bukan dalam waktu singkat, karena pada dasarnya Pendidikan adalah proses panjang yang sesuai dengan perkembangan dan tingkat kedewasaan setiap orang, berbicara mengenai pendidikan adalah berbicara mengenai bagaimana seseorang menerima ilmu, menghayati sebuah ilmu, memahami dan mengaktualisasikannya dan sebagian besar proses pendidikan indonesia terletak hanya pada share knowledge
kurikulum 2013 yang saat ini sedang dalam proses di Kemendikbud menjadi suatu contoh betapa peran pemerintah dalam proses dan kegiatan pendidikan masyarakat menjadi sangat penting, dan diharapkan bahwa hasil dari kurikulum itu betul-betul berorientasi pada penanaman pemahaman dasar pendidikan untuk melahirkan generasi yang cerdas, pintar dan bermartabat
lantas apa hubungannya dengan ujian nasional ? ujian nasional menjadi pembuka gerbang dari sebuah keinginan besar bahwa pendidikan memilki hasil yang nyata dan itu tertuang lewat soal-soal dan jawaban yang tertera di sebuah lembar jawaban yang melahirkan kelulusan untuk melanjutkan proses pendidikan di jenjang yang lebih tinggi namun, yang menjadi kendala kedepannya adalah jika peserta didik indonesia tidak sanggup atau berada dalam fase yang salah dalam memahami arti ujian nasional, dan ini menjadi peran penting pada pendidik dan pengajar untuk memberikan bantuan dan sumbangsih besarnya terhadap kelancaran ujian nasional yang akan dihadapi peserta didik
lihat saja saat ini, Ujian nasional menjadi semacam momok besar yang menakutkan bagi masyarakat pelajar indonesia, tujuan dan keinginan utama ujian nasional justru menjadi pemahaman salah bagi sebagian besar siswa-siswi kita, ketakutan akan ''ketidaklususan'', paket soal yang hanya ''mengorbankan'' siswa dan juga nilai kelulusan yang terus meningkat membuat sebagian besar siswa-sisw kita terjerumus dalam lembah ketidaktahuan, ketidakbenaran dan utamanya ketersesatan yang menghambat mereka untuk mencoba berprestasi dengan lebih baik dalam ujian nasional
ini semua adalah tanggung jawab besar yang menjadi misi selanjutnya untuk ditangani oleh pemerintah dan segenap pemangku jabatan pendidikan, guru, pengajar, sekolah dan terlebih orang tua, kita semua mesti terjun aktif dalam proses penataan kembali pola pikir akan ujian nasional yang sesuai pada hakikatnya terhadap anak-anak kita, jangan sampai tujuan dasar ujian nasional ternoda dengan pemahaman yang salah dan di balik itu yang juga sangat penting adalah dukungan dan pemberdayaan agar siswa-siswi dan anak-anak kita mengerti bahwa mereka memiliki peran dan kewajiban dasarnya pada negara, yakni turut serta dalam sebuah prestasi untuk membangun bangsa indonesia menjadi lebih baik
Thank's To http://zhuldyn.wordpress.com/un-fisika-sma/
MENEMUKAN ARTI DAN MAKNA UTAMA UJIAN NASIONAL
By:
DB News
On: Selasa, Februari 19, 2013
Tinnajer- Ujian nasional 2013, tinggal menghitung beberapa minggu lagi, setiap tahun kegiatan ini menjadi rutinitas wajib tiap siswa-siswi mulai dari SMP hingga SMA, semua dilakukan dengan satu tujuan yakni melihat prestasi siswa indonesia, yap Prestasi akademik siswa-siswi indonesia.
Berbicara mengenai Prestasi akademik sungguh tidak akan ada habisnya untuk dikupas, ada banyak hal yang bisa kita bahas mengenai hal ini, dimulai dengan kinerja guru, kemampua rata-rata siswa dan yang paling utama adalah sistem pembelajaran, semuanya berperan penting dalam satu konteks prestasi akadmeik, lantas pertanyaannya apakah dengan adanya Ujian nasional prestasi yang dicita-citakan bangsa indonesia dalam dunia pendidikan bisa terwujud ?
Pendidikan adalah bentuk proses belajar yang dilakukan seseorang bukan dalam waktu singkat, karena pada dasarnya Pendidikan adalah proses panjang yang sesuai dengan perkembangan dan tingkat kedewasaan setiap orang, berbicara mengenai pendidikan adalah berbicara mengenai bagaimana seseorang menerima ilmu, menghayati sebuah ilmu, memahami dan mengaktualisasikannya dan sebagian besar proses pendidikan indonesia terletak hanya pada share knowledge
kurikulum 2013 yang saat ini sedang dalam proses di Kemendikbud menjadi suatu contoh betapa peran pemerintah dalam proses dan kegiatan pendidikan masyarakat menjadi sangat penting, dan diharapkan bahwa hasil dari kurikulum itu betul-betul berorientasi pada penanaman pemahaman dasar pendidikan untuk melahirkan generasi yang cerdas, pintar dan bermartabat
lantas apa hubungannya dengan ujian nasional ? ujian nasional menjadi pembuka gerbang dari sebuah keinginan besar bahwa pendidikan memilki hasil yang nyata dan itu tertuang lewat soal-soal dan jawaban yang tertera di sebuah lembar jawaban yang melahirkan kelulusan untuk melanjutkan proses pendidikan di jenjang yang lebih tinggi namun, yang menjadi kendala kedepannya adalah jika peserta didik indonesia tidak sanggup atau berada dalam fase yang salah dalam memahami arti ujian nasional, dan ini menjadi peran penting pada pendidik dan pengajar untuk memberikan bantuan dan sumbangsih besarnya terhadap kelancaran ujian nasional yang akan dihadapi peserta didik
lihat saja saat ini, Ujian nasional menjadi semacam momok besar yang menakutkan bagi masyarakat pelajar indonesia, tujuan dan keinginan utama ujian nasional justru menjadi pemahaman salah bagi sebagian besar siswa-siswi kita, ketakutan akan ''ketidaklususan'', paket soal yang hanya ''mengorbankan'' siswa dan juga nilai kelulusan yang terus meningkat membuat sebagian besar siswa-sisw kita terjerumus dalam lembah ketidaktahuan, ketidakbenaran dan utamanya ketersesatan yang menghambat mereka untuk mencoba berprestasi dengan lebih baik dalam ujian nasional
ini semua adalah tanggung jawab besar yang menjadi misi selanjutnya untuk ditangani oleh pemerintah dan segenap pemangku jabatan pendidikan, guru, pengajar, sekolah dan terlebih orang tua, kita semua mesti terjun aktif dalam proses penataan kembali pola pikir akan ujian nasional yang sesuai pada hakikatnya terhadap anak-anak kita, jangan sampai tujuan dasar ujian nasional ternoda dengan pemahaman yang salah dan di balik itu yang juga sangat penting adalah dukungan dan pemberdayaan agar siswa-siswi dan anak-anak kita mengerti bahwa mereka memiliki peran dan kewajiban dasarnya pada negara, yakni turut serta dalam sebuah prestasi untuk membangun bangsa indonesia menjadi lebih baik
Thank's To http://zhuldyn.wordpress.com/un-fisika-sma/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar